Syukur



Saat membuka mata bangun dari tidurmu pagi ini pernahkah terlintas dalam pikiranmu betapa harus bersyukurnya dirimu pada Allah atas pagi yang indah ini, Ingatlah begitu sayang padamu sehingga tak pernah putus nikmat yang ia anugrahkan? "Maka Nikmat Allah yang manakah yang kamu Dustakan (QS : Ar-Rahman 13)


Hari itu aku melihat beberapa orang dipinggir trotoar jalan komplek perumahan deka tempat tinggalku, sepertinya sebuah keluarga besar, bapak, ibu dengan 5 orang anak. sang Bapak dan istrinya duduk menselonjorkan kakinya kedepan sambil memijat-mijat kakinya, sesaat aku berpikir mereka lelah mungkin dari perjalanan jauh apalagi tak kulihat mereka memakai sendal hanya si ibu dengan sendal jepit lusuh, anak-anaknya juga duduk-duduk sambil minum dari bekas botol air mineral yang diselipkan disebuah benggolan kain yang lecek, Mengapa mereka membawa beberapa benggolan kain ? apakah mereka pindah rumah atau mau mudik? sekilas memperhatikan mereka  dengan seksama sepertinya beberapa kali aku pernah melihat mereka didaerah sekitar sini, mungkin 3-4 kali aku melihat mereka dan selalu ditempat yang berbeda dengan kondisi yang sama. Apakah mereka tidak punya rumah ?

Kemudian beberapa saat berlalu sang bapak berdiri diikutin istri dan anak-anaknya, lalu sang Bapak meraih anaknya yang perempuan paling kecil sekitar umur 5 tahunan, diangkat ke atas kepalanya sambil ditidurkan diantara bahu kanan melewati pundak ke bahu kirinya, seperti memanggul sekarung beras. Lalu keluarga itu kembali berjalan tak tau kemana melalui trotoar jalan perumahan ini. Masya Allah... kasian sekali mereka... sepertinya mereka hanya jalan tak tentu arah, tak punya tujuan tuk singgah dan menetap, dengan baju lusuh dan terlihat tak terurus, anak-anak lain juga mengikuti bapaknya dari belakang sambil sesekali yang kecil bercanda dengan adik kecilnya, sang kakak dan ibu menggendong beberapa buntelan kain. Sungguh Miris melihat meraka..

Aku bersyukur pada Allah ketika melihat meraka, betapa Allah telah memberikan nikmat dan pertolongannya padaku, keadaanku masih lebih baik dari mereka. Aku masih punya tempat untuk pulang, sebuah rumah kontrakan dengan atap yang bocor disana sini dan saat hujan tiba menetes menggangu istirahatku. Aku masih bisa duduk bercengkrama dengan keluarga sambil menonton tv  dibanding  mereka yang termangu dipinggir jalan sambil menatap kosong. Aku masih melihat anakku dengan seragam dan mengantarkannya sekolah, sedangkan meraka harus berkeliaran dijalan dengan baju lusuh. 

Harusnya kita semua bersyukur atas apa yang kita miliki sekarang sekecil apapun itu. Seberapa rumit masalahmu, seberapa besar masalah ekonomimu, seberapa parah sakit yang ada padamu bersyukurlah juga atas itu, jadikan ujian membuat kita makin dekat padaNYA, bukankah sakit menghapus dosa yang lalu, "BERSYUKURLAH NISCAYA AKAN AKU TAMBAH" firmanNya dalam Alquran

Apakah kau mengeluah atas kurangnya rezekimu? Apakah kau mengeluh tentang keadaanmu saat ini? apakah kau mengeluh karena dirimu tak semenarik orang lain? atau kau mengeluh atas masalah dan musibah yang menimpamu saat ini?.  Ehmm.. Mari kita berandai-andai dahulu... Bila karena kurang uang kau mengeluh dan Allah memberikan padamu uang 1 milyar lalu Allah menagihkan 1000 rupiah saja untuk setiap udara yang dirimu hirup untuk bernafas  apakah kamu sanggup membayarnya ?, uang 1 milyar itu tak seberapa lama akan habis. Bila karena masalahmu kau mengeluh bukankah masih banyak orang lain yang lebih berat masalahnya darimu namun mereka tegar dan bersabar. Bila karena dirimu merasa tidak semenarik orang lain tidakkah kamu melihat dimana Allah memberikan ujian pada orang lain dengan kondisi melebihi kondisimu tapi dia juga bersabar dan bersyukur.

Bersyukurlah atas semua yang engkau terima saat ini, bersyukurlah atas apa yang kamu anggap baik dan kamu anggap buruk. Bersyukurlah atas masalah yang kau hadapi karena itu membuatmu tegar, bersyukurlah atas rizki yang kau miliki karena Allah memberikan sesuatu sesuai dengan kemampuan hambanya. bersyukurlah atas semua yang kau miliki dan yang ada disekitarmu maka jaga dan rawatlah. Semoga hari jumat ini membuat kita semakin bersyukur dan lebih menjaga apa yang kita miliki saat ini


No comments:

Post a Comment